news
Monday 17 September 2012

Taman Laut Alor

Kabupaten Alor sebagai salah satu dari 16 Kabupaten/Kota di Provinsi Nusa Tenggara Timur adalah wilayah kepulauan dengan 15 pulau yaitu 9 pulau yang telah dihuni dan 6 pulau lainnya belum atau tidak berpenghuni. Luas wilayah daratan 2.864,64 km², luas wilayah perairan 10.773,62 km² dan panjang garis pantai 287,1 km1. Kalau di peta Indonesia pulau ini hanya titik-titik saja.

Batas alam Kabupaten Alor disebelah utara dengan Laut Flores, sebelah selatan dengan Selat Ombay, sebelah timur dengan Selat Wetar dan perairan Republik Demokratik Timor Leste dan sebelah barat dengan Selat Alor (Kabupaten Lembata)2.

Pulau Alor merupakan bagian dari Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sekitar 260 km dari Kupang (Ibu Kota Provinsi NTT), 360 km dari Ende (Flores), dan 1600 km sebelah Timur Ibu Kota Jakarta. Lokasi ini bisa dicapai dengan menggunakan kapal boat dari Kupang selama sekitar 8 jam atau 55 menit dengan menggunakan pesawat udara melalui Bandara Mali dari El tari kupang, tidak usah dibayangkan bandaranya seperti juanda atau Soetta, hanya landasan kecil dan ruang tunggu seadanya, yang hanya beroperasi sekali sehari datang dan pergi itupun kalau lancar, delay pesawat di alor bisa mencapai dua minggu, satu-satunya maskapai yang melayani penerbangan adalah Transnusa dengan pesawat foker yang nyewa dari riau.


Secara geografis kondisi daerah Alor merupakan daerah dengan pegunungan yang tinggi, dibatasi oleh lembah juga jurang yang cukup dalam dan sekitar 60 persen wilayahnya mempunyai tingkat kemiringan di atas 40 persen. Dataran tinggi Alor merupakan daerah yang cocok untuk pengembangan pertanian karena mempunyai tingkat kesuburan yang tinggi sedangkan daerah lereng lebih cocok untuk pengembangan sistem terasering, menurut guyonan orang alor mereka mengatakan bahwa Tuhan menjadikan tanah alor dari sisa-sisa saja sehabis Tuhan menciptakan tanah Jawa dan Kalimantan…(^-^ada-ada saja). Daerah pegunungan terdiri dari batuan karang yang cadas dan jarang sekali dimanfaatkan, kalau pendapat mereka tentang gunung dan bukit-bukit tersebut tidak ada gunanya. Daerah pegunungan yang dihuni oleh penduduk adalah didaerah Lantoka, Mainang dan sepanjang jalan menuju daerah Maritaing perbatasan laut dengan Timor Leste.

Sedangkan yang menjadi andalan dari kabupaten Alor adalah daerah laut yang sangat kaya dengan alam yang masih sangat alami, laut yang sangat jernih dengan aneka biota laut yang lengkap dan beraneka ragam. Konon katanya taman laut alor adalah yang paling indah di Indonesia dan nomor dua di dunia setelah kepulauan karibia. Salah satunya adalah spot penyelaman atau diving di daerah Alor kecil tepatnya diantara alor kecil dan pulau keppa. Didaerah ini sudah ada “penguasanya” salah satunya sudah dikontrak oleh orang-orang bule untuk mendirikan semacam area untuk bermalam para penyelam nmun hanya skedarnya masih dalam bentuk rumah kayu. Dalam satu tahun salah satu fenomena alam yang terjadi di sepanjang pulau keppa dan alor kecil ini adalah laut dingin dimana dalam satu area kecil tersebut airnya sangat dingin hampir sama dengan air es, dan hanya terjadi di area kecil tersebut, konon katanya diantara pulau keppa itu tedapat terowongan yang menghubungkan dengan daerah kutub utara (masih dalam proses penelitian). Ketika terjadi laut dingin ini ikan-ikan naik semua, para penduduk biasanya hanya tinggal mengambil ikan yang merapat ke pinggir-pinggir pantai karena ikan tersebut tidak kuat menahan dinginnya air. Selain taman laut yang sangat indah

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer