news
Monday 3 September 2012

Ikan Cere/Guppy dapat menghilangkan Jentik Nyamuk

ikan cere guppyBagi anda yang merasa jengkel karena banyaknya nyamuk dirumah anda, anda bisa mencoba cara yang satu ini, yang bisa membantu mengurangi jentik nyamuk dirumah anda. Karena kita harus berhati-hati dengan semua jentik nyamuk, bisa jadi jentik nyamuk yang ada dirumah kita adalah jentik nyamuk demam berdarah, bisa gawat kan.


Nah, untuk larva nyamuk atau jentik nyamuk saya yakin anda belum tahu banyak, kecuali anda sudah belajar tentang pemberantasan nyamuk seperti yang dilakukan oleh jumantik (juru pemantau jentik) yang ada di sekitar kita. Untuk membunuh jentik kita bisa lakukan dengan menebar racun serbuk abate atau sejenisnya. Selain itu kita bisa lakukan cara alami untuk mengganyang jentik nyamuk yang ada di sekitar kita. Yaitu dengan menebar ikan cere atau ikan gapih di genangan air sekitar kita.

Jika di sekitar tempat tinggal atau rumah kita terdapat genangan air, maka kita bisa pelihara ikan cere atau ikan guppy lokal yang biasa kita temui di dalam comberan, got, selokan, parit, sawah, empang, kali, danau, kubangan, rumpon dan lain-lain sebagainya. Ikan cere adalah ikan yang punya daya tahan tubuh kuat terhadap lingkungan yang keras dan polusi air. Ikan cere juga mudah berkembang biak dan cepat besar serta bisa mencari makan sendiri tanpa perlu kita khawatirkan kehidupannya.

Urusan makan-memakan larva jentik nyamuk, ikan cere memang andal. Hanya ikan cere atau ikan gapi yang ukurannya besar saja yang bisa melahap jentik nyamuk. Dalam satu jam mungkin bisa termakan puluhan jentik ketika perut cere sedang lapar. Dengan begitu kolam ikan, aquarium, bak mandi, toren penampungan air, got, kubangan, sawah, dan lain-lain yang ada di sekitar kita bisa bebas dari jentik nyamuk. Walaupun nyamuk cepat berkembangbiakm ikan cere pun juga bisa dengan cepat memangsa kecu-kecu tersebut. Tak ada jentik, nyamuk pun musnah.

1 comments:

 
Toggle Footer