news
Wednesday 17 July 2013

Pantai Sidem

Pantai Sidem adalah salah satu obyek wisata pantai yang ada di Tulungangung, Provinsi Jawa Timur. Pantai Sidem sering dikunjungi oleh berbagai wisatawan yang datang di pantai ini. Pantai Sidem ini yang terletak Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.



Pantai Sidem ini memiliki hamparan pasir putih sepanjang pantai serta perahu nelayan yang berjajar, menghiasi birunya air laut di Pantai Sidem. Obyek wisata Pantai Sidem menjadi satu paket dengan wisata Pantai Popoh. Para pengunjung juga bisa menikmati rindangnya pohon kelapa di sekitar pantai yang indah dan menawan.

Pantai Sidem berdekatan dengan PLTA ( Pembangkit Listrik Tenaga Air) Niama. Para wisatawan yang berkunjung biasanya ingin melihat keindahan pasir putihnya yang terlihat alami dengan adanya batuan karang yang menghiasi bibir pantai ini. Hembusan udara pantai yang segar menjadi pelindung teriknya sinar matahari disiang hari, panasnya yang menyengat seakan hilang karenanya.

Letak Pantai Sidem berada di sebelah barat Pantai Popoh yang merupakan perkampungan yang padat penduduk. Mayoritas penghasilan mereka adalah nelayan. Di perkampungan nelayan ini para wisatawan dapat menemukan industri rumah tangga dengan produk yang dihasilkan. Seperti ikan asin maupun terasi yang telah dikemas rapi serta siap untuk dibawa pulang sebagai buah tangan.

Pantai Sidem tidak bisa dilepaskan dari sejarah penyelamatan kota Tulungagung dari banjir di tahun 1980 an.PLTA Niama yang oleh masyarakat sekitar biasa menyebutnya dengan bendungan Niama menjadi titik terakhir sungai di Kabupaten Tulungagung bagian selatan.

Dimana wilayah ini menjadi kawasan banjir. Di Pantai Sidem ini pula lah kita mendapati pemandangan bagaimana dua arus air bertemu, yakni antara air sungai dan air laut.

Pertemuan air ini mengisyaratkan adanya perbedaan nyata antara warna air sungai dan air laut. Pergolakan air sungai menandakan dinamika dan kekuatan air yang mahadahsyat. Gemuruh pertemuan ini juga bisa anda rasakan karena bisa dilihat dari jarak dekat. Para wisatawan akan disuguhi oleh panorama laut dan gunung yang membentang sepanjang pantai.

Transportasi

Untuk menuju ke Pantai Sidem para wisatawan harus menempuh perjalanan dari Pantai Popoh ke Pantai Sidem dengan berjalan kaki. Para wisatawan dapat menyusuri pinggir pantai yang berupa batuan karang. Pengelola juga sudah menyiapkan jembatan yang berpagar untuk keamanan.

Jaraknya kurang lebih setengan kilometer.Bagi yang ingin menempuh menggunakan kendaraan harus memutar arah.Jaraknya lebih jauh lagi, kurang lebih dua kilometer.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer