news
Saturday 27 July 2013

Hewan - Hewan Laut yang Lucu Namun Mematikan

Hewan yang masuk dalam kategori beracun, biasanya memiliki zat kimia berbahaya yang disebut toksin. Toksin ini bisa disimpan dalam kelenjar atau kulit hewan.
Pada umumnya, hewan beracun di dunia memiliki warna yang sangat terang. Biasanya berwarna kuning cerah, biru, merah atau oranye.

Blue Ringed Octopus



Gurita cincin biru juga merupakan salah satu hewan cantik yang mematikan. Melihat dari penampilannya tentu kita akan sangat terpesona. Dengan warna biru yang berpendar di sekujur tubuhnya, hewan ini terlihat sangat elok. Mengapa mematikan? Saat terprovokasi, hewan ini bisa menjadi sangat agresif. Bukan kekuatan tubuh mereka yang mematikan, namun racun di dalam tubuhnya. Ini adalah salah satu spesies gurita terkecil namun paling berbahaya. Dan yang lebih menakutkan adalah hingga saat ini belum ada anti racun untuk menetralisir racun dari hewan berkaki delapan ini. Saat terkena racunnya, pandangan kita akan segera kabur dan mati rasa. Jika tidak segera ditangani bisa menimbulkan kematian.


Lionfish



Lionfish adalah salah satu ikan berbisa yang terlihat indah namun berbahaya. Ikan Singa memiliki duri panjang dan terpisah dan memiliki penampilan yang umumnya bergaris merah, hijau, biru hijau, coklat, oranye, kuning, hitam, merah marun, atau putih. Penyelam harus sangat berhati-hati dan menghindari kontak dengan duri-duri berbisa Lionfish tersebut. Biasanya, Lionfish tidak agresif terhadap manusia dan akan hampir selalu menjaga jarak. Selain itu, sengatan mereka tidak sangat mematikan, namun mereka masih sangat menyakitkan.

Australian Box Jellyfish



Ubur-ubur Kotak berbeda dari ubur-ubur lainnya karena payung mereka yang kubik, bukan berkubah atau berbentuk mahkota. Ubur-ubur Kotak tidak hanya dapat bergerak lebih cepat dari ubur-ubur lain karena struktur mereka yang sedikit berbeda tetapi juga secara signifikan lebih indah karena mereka hampir transparan. Jika Anda menyelam dan melihat keindahan luar biasa dari ubur-ubur ini maka jangan sekali-kali mencoba untuk menyentuhnya karena ubur-ubur kotak disebut "makhluk yang paling berbisa di dunia", meskipun hanya beberapa spesies dalam kelas nya yang telah dikonfirmasi terlibat dalam kematian manusia. Ini adalah tawon laut, ubur-ubur kotak Australia dapat memiliki hingga enam puluh tentakel, masing-masing 15-kaki panjangnya dan dengan cukup racun untuk membunuh 60 orang.

Siput Marble Cone



Siput ini ditemukan di perairan air asin. Satu tetes racun siput Marble Cone cukup untuk membunuh sekitar 20 manusia. Bila tersentuh siput ini akan mengakibatkan sakit parah, mati rasa, kesemutan dan bengkak di daerah yang tersentuh.
Hal ini juga dapat menyebabkan kegagalan bernapas, kelumpuhan otot dan gangguan penglihatan. Dan belum ada anti-bisa untuk racun siput Marble Cone ini.

Stonefish



Dikenal sebagai ikan yang paling berbisa di dunia, ikan batu hidup di dasar terumbu, disamarkan seperti batu. Ia hidup di atas Tropic of Capricorn tetapi dapat ditemukan di Great Barrier Reef di Queensland. Racun nya berasal dari daerah punggung, yang dipagari dengan 13 duri, menyebabkan shock, kelumpuhan dan kematian jaringan tergantung pada beratnya sengatan. Pertolongan pertama terdiri dari immobilisasi racun dengan membalut bagian yang terkena kemudian menerapkan kompres panas. Rasa sakit dikatakan begitu menyiksa sehingga menyebabkan pengamputasian anggota badan yang terkena.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer