news
Monday 15 July 2013

Pantai Popoh yang indah

Pantai Popoh merupakan salah satu obyek wisata andalan di daerah Tulungagung. Pantai Popoh ini yang terletak di Tulungagung, tepatnya di pesisir Samudra Hindia, 30 Km sebelah selatan kota Tulungagung. Di Pantai Popoh ini ramai kunjungi setiap hari libur dan hari besar dan selalu dipadati pengunjung, baik yang berasal dari sekitar Tulungagung maupun luar Tulungagung bahkan tidak sedikit yang berasal dari luar negeri.

Obyek wisata Pantai Popoh ini berbentuk teluk dan berada di ujung timur pegunungan Kidul. Air yang cukup tenang, angin laut yang tidak begitu kuat, dan keindahan gunung disekitar teluk telah menjadi daya tarik utama pantai ini.



Obyek wisata di Pantai Popoh ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia yang terkenal ganas ombaknya. Namun di Pantai Popoh ini ombaknya relatif tenang. Sebenarnya Pantai Popoh terbagi menjadi 2 bagian.

Pertama di sebelah timur dengan kondisi pantai penuh batu karang dan ombak yang ganas. Sedangkan di Pantai Popoh sebelah barat ini kondisi pantainya landai dengan ombak yang tidak terlalu besar.

Pantai ini yang berada tidak jauh dari Pantai Sidem dan Pantai Prigi ini berpasir putih kecoklatan dengan dihiasi pohon kelapa yang tumbuh di sepanjang tepi pantai. Memandang ke tengah laut, terlihat puluhan perahu nelayan yang sedang melakukan aktivitasnya sehari-hari.

Fasilitas

Di Pantai Popoh para pengunjung bisa menyewa penginapan berupa hotel atau vila dengan tarif antara Rp 80 ribu sampai Rp 100 ribu per malam. Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Tulungagung berupa kerajinan marmer dan kerajinan kerang dengan harga bervariasi mulai Rp 3 ribu – Rp 100 ribu.

Transportasi

Untuk menuju ke Pantai Popoh sangatlah mudah, Bila dari Surabaya, para wisatawan bisa mengikuti rute sebagai berikut : Surabaya – Mojokerto – Jombang – Kertosono – Kediri – lalu ke arah pusat Kota Tulungagung.

Sedangkan dari Kota Malang melalui Kepanjen – Wlingi – Blitar – pusat Kota Tulungagung. Dari Tulungagung menuju ke lokasi Pantai Popoh, para wisatawan akan melewati daerah perbukitan dengan kondisi jalan menanjak dan berkelok-kelok.

Namun jangan khawatir, pemandangan di sepanjang jalan perbukitan ini akan memanjakan mata Anda. Hutan jati yang hijau dan asri membuat perjalanan sobat akan menyenangkan.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer