news
Saturday 22 June 2013

Ikan yang berjalan di dasar laut



Handfishes ditemukan di perairan pantai selatan Australia dan Tasmania. Spotted handfish (brachionichthys hirsutus) salah satu di antara ikan laut yang sangat terancam punah didunia.Ini ikan yang amat khas, bentuknya nyaris berupa buah alpokat serta indah warnanya, mempunyai sirip berpasangan tangan-seperti itu sangat mungkin untuk jalan di selama dasaran laut, ke-2 sirip dada serta perut dipakai didalam gerak ini.

Waktu berenang melewati air, sirip berpasangan atau median ( layaknya ekor serta sirip anal ) yang dipakai. Ikan ini berwarna cream dengan corak coklat kehitaman, serta terkadang kuning coklat bintik-bintik, pola yang unik untuk tiap-tiap individu. sebagian individu juga mempunyai sinyal oranye di sirip mereka. handfish mempunyai godaan kecil pas diatas mulut mereka, manfaatnya tidak diketahui, namun tampaknya tak dipakai untuk menarik mangsa.

Handfish dapat tumbuh sampai 15 cm (5,9 in) panjang, memiliki kulit ditutupi dengan dentikel (skala gigi-seperti), memberi mereka nama alternatif berkutil pemancing. Mereka adalah ikan yang bergerak lambat yang lebih memilih untuk 'berjalan' daripada berenang, menggunakan sirip pada dada mereka yang dimodifikasi untuk bergerak di dasar laut. sirip mereka dimodifikasi seperti memiliki tangan, karena itulah mereka diberi nama(brachionichthys hirsutus), dari bahasa Latin yang berarti bracchium "lengan" dan Ichthys Yunani yang berarti "ikan".

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer