news
Sunday 27 February 2011

Jenis-jenis Penyu Laut

jenis-jenis penyu laut, Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman flora dan fauna. Salah satu dari kekayaan fauna tersebut adalah spesies penyu laut. Enam dari tujuh spesies penyu yang ada di dunia ditemukan di perairan Indonesia dan bertelur di beberapa pantai di negeri ini. Jenis-jenis penyu tersebut adalah :

Penyu Hijau (Chelonia mydas),


Jenis penyu hijau, atau yang biasanya dikenal dengan nama Chelonia mydas adalah penyu laut besar yang termasuk dalam keluarga Cheloniidae. Hewan ini adalah satu-satunya spesies dalam golongan Chelonia. Mereka hidup di semua laut tropis dan subtropis, terutama di Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik. Namanya didapat dari lemak bewarna hijau yang terletak di bawah cangkang mereka.


penyu hijau




penyu Sisik (Eretmochelys imbricata),

Penyu sisik (Eretmochelys imbricata) adalah jenis penyu yang terancam punah, yang termasuk ke dalam famili Cheloniidae. Ia adalah satu-satunya spesies dalam genusnya. Spesies ini memiliki distribusi di seluruh dunia, dengan dua subspesies di Atlantik dan Pasifik. E. imbricata imbricata adalah subspesies di Atlantik, sedangkan E. bissa imbricata adalah subspesies di wilayah Indo-Pasifik.


penyu sisik


Penyu Tempayan (Caretta caretta),

Penyu ini berwarna coklat kemerahan, tukik berwarna coklat.Ukuran: panjang karapas penyu dewasa 73 - 107 Cm
Berat: penyu dewasa sampai 159 Kg
Makanan: kepiting, kerang
Tempat hidup: Umumnya ditemukan di daerah tropis. Di Indonesia sampai saat ini hanya ditemukan di perairan saja belum ada laporan penyu ini bertelur di kepulauan Indonesia.


penyu Sisik Semu (Lepidochelys olivacea),

penyu Belimbing (Dermochelys coriacea),

penyu Pipih (Natator depresus).

Dari keenam jenis penyu tersebut hanya penyu Pipih yang tidak bertelur di kepulauan Indonesia. Penyu Hijau (C. mydas) dan penyu Sisik Semu (L. olivacea) merupakan dua jenis penyu yang paling banyak dijumpai dan terdistribusi luas di perairan Indonesia (Tomascik et al, 1997).

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer