news
Thursday 26 November 2009

Kayanya Negeri Kita, Indonesia



Tahukah kalian sepertiga wilayah Indonesia adalah lautan. Oleh karena itu Indonesia juga disebut sebagai negara maritim dan merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan 17.508 pulaunya. Coba deh liat jumlah pelabuhan di Indonesia yang menghubungkan satu pulau dengan pulau lainnya. Laut Indonesia juga kaya akan hasil laut. Indonesia termasuk dalam CTI (Coral Triangle Initiative) atau segitiga batu karang dunia yang merupakan pusat keanekaragaman dan kelimpahan kehidupan laut di planet bumi. Sehingga laut Indonesia memiliki keragaman flora dan fauna yang mengagumkan, 25% spesies ikan yang sudah dikenal manusia ada di perairan Indonesia. Potensi lestari perikanan nasional mencapai 6,26 juta ton per tahun, tapi yang dimanfaatkan baru 3,8 juta ton per tahun. Tentunya semua sumber daya alam ini dapat menjamin kesejahteraan penduduk Indonesia jika dimanfaatkan seoptimal mungkin. Bagaimana tidak, prakiraan nilai ekonomi potensi dan kekayaan laut Indonesia mencapai Rp 14.994 triliyun.

Lalu, apa saja yang bisa kita manfaatkan dari potensi bahari yang dimiliki laut Indonesia? Banyak..misalnya saja ikan. Ikan-ikan yang ada dapat dijual untuk dikonsumsi penduduk Indonesia sendiri ataupun di ekspor. Ada juga ikan hias yang memiliki nilai ekonomi tinggi sehingga dapat dijual dan hasilnya untuk kesejahteraan penduduk, tapi kita harus tetap menjaganya supaya tidak punah. Kemudian ada juga mineral dan bahan tambang seperti minyak, gas, emas, batu bara, nikel, timah, bauksit, granit, kapur dan pasir. Selain itu yang tidak kalah indahnya yaitu kawasan pesisir yang dapat dimanfaatkan untuk pariwisata, transportasi, komunikasi, sarana pendidikan, penelitian, pertahanan keamanan dan bahkan dapat digunakan sebagai penghasil daya energi alternatif yang sangat ramah lingkungan.

Namun sayangnya potensi bahari yang dimiliki Indonesia belum begitu mendapat perhatian sehingga banyak potensi bahari yang belum dimanfaatkan secara optimal, bahkan banyak yang dicuri negara-negara lain. Banyak hal buruk terjadi jika kita tidak menjaga laut kita. Misalnya saja pencurian ikan, pembajakan, banyaknya pencemaran dan pengrusakan lingkungan laut. Penyelundupan, peredaran obat terlarang, perdagangan manusia dan senjata bahkan bisa dengan mudah dilakukan di perairan Indonesia jika kita tidak menjaganya. Dan pencurian ikan biasanya dilakukan secara brutal sehingga akan ada spesies-spesies hewan laut tertentu yang akan musnah dan dapat merusak ekosistem laut kita. Jika dibiarkan terus seperti itu, potensi luar biasa yang kita miliki ini tidak akan mampu mensejahterakan penduduk Indonesia. Bahkan nelayan yang seharusnya dapat menikmati hasil penjualan kekayaan laut tersebut harus tetap hidup miskin.

Lalu, apa yang harus kita lakukan? Kita dapat ikut membantu menjaga perairan Indonesia mulai dari hal kecil seperti tidak membuang sampah atau limbah ke laut, menanam pohon bakau di sepanjang pesisir pantai, tidak mengambil karang laut dalam jumlah yang banyak, tidak merusak terumbu karang yang digunakan ikan untuk berlindung. Selain itu kita perlu memberi perlindungan terhadap spesies hewan tertentu supaya jangan sampai punah, para nelayan juga tidak boleh menggunakan peledak, racun, aliran listrik dan jaring yang kecil dalam penangkapan ikan. Karena hal tersebut dapat merusak terumbu karang yang ada dan ikan-ikan yang masih kecil dapat ikut terjaring. Dan tugas pemerintah yaitu harus pandai-pandai mengatur strategi dan manajemen daya tarik obyek industri wisata yang terkait seperti aspek teknis, strategi jasa pelayanan, strategi penawaran, penyediaan sistem informasi pariwisata dan program promosi yang tepat. Kemudian meningkatkan sarana dan prasarana serta sumber daya manusianya supaya kita tidak dibohongi dan kalah oleh para pencuri potensi bahari kita. Pemerintah juga perlu meningkatkan kesejahteraan nelayan seperti membangun infrastruktur nelayan, memberikan bantuan alat penangkapan ikan, membantu pemasaran hasil tangkap ikan, meningkatkan tingkat teknologi penangkapan ikan.

Jadi, mari kita mengenal, mempelajari, mencintai dan menjaga laut kita tercinta....

Sumber  :

  1. http://www.dekin.dkp.go.id/yopi/files/Presentasi%20Ketahanan%20Wilayah%20-%206%20Nov%2008.pdf

  2. http://kendariekspres.com/index.php?option=com_content&task=view&id=3269&Itemid=32

  3. http://aryabimantara.wordpress.com/2006/09/29/sumber-daya-perikanan-kekayaan-kita-yang-masih-merana/

  4. http://www.crayonpedia.org/mw/Perubahan_Wilayah_Laut_Teritorial_di_Indonesia_6.1

  5. http://www.hayatulislam.net/ironisnya.html
Newer Post
Previous
This is the last post.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer